Kerjasama Kawasaki Bajaj adalah Keputusan Tepat

Kerjasama yang dilakukan oleh Pulsar yang merupakan pabrik motor dari India dan Kawasaki dari Jepang merupakan keputusan yang sangat tepat menurut saya. Pemikiran ini muncul setelah saya membaca artikel yang ditulis oleh Pak Iwanbanaran yang menyebutkan bahwa Minerva sedang dalam kesulitan serius. Itulah mengapa saya kemaren menulis di artikel saya yang berjudul Mengenal Lebih Dekat TVS Apache RTR 160, saya merencanakan akan membandingkan produk TVS tersebut dengan Honda Verza bukan dengan Minerva 150VX. Padahal dengan harga yang tidak berbanding jauh, fitur dari minerva juga bejibun. Perlu diketahui, pada tahun 2011an yang lalu sempat kesengsem juga dengan Minerva 150VX ini.new_150vx_9

Bagi saya, Indonesia adalah pasar yang unik untuk kategori otomotif. Pendatang baru yang berusaha mati-matian mengenalkan produknya ke rakyat Indonesia jelas akan sangat kesulitan menghadapi keunikan konsumen. Di beberapa daerah, termasuk di tempat saya penyebutan terhadap sepeda motor bahkan sudah disebut merknya bukan “sepeda motor”. Hal ini sudah mendarah daging di benak masyarakat, apalagi untuk orang tua yang misal mau memberikan sepeda motor untuk anaknya. Walaupun anaknya tahu betul teknologi pada sebuah sepeda motor, tapi sang Bapak akan kekeh menuntut anak untuk memilih produk yang dikenal oleh sang Bapak.

bajaj-pulsar-200ns-dual-colour-option-image-pic-photo-22112013-m3_560x420Maka dari itulah, saya akhirnya mengambil kesimpulan bahwa kerja sama yang dilakukan oleh Pulsar dengan Kawasaki untuk menjual produk Pulsar 200NS di Indonesia adalah keputusan yang sangat tepat mengingat berbagai pertimbangan. Salah satu pertimbangan yang masih saya ingat ketika Pulsar masih bertahan dulu adalah masalah 3S (Sales, Service, Sparepart). Walaupun motor laris dijual, tapi setelahnya ada masalah 3S ini, tentu saja kepercayaan konsumen akan menurun. Maka, keputusan kerja sama dengan pabrikan yang sudah memiliki dealer di seantero Indonesia merupakan pilihan yang baik agar masalah 3S ini tertangani dengan maksimal.

Saya jadi berpikir kembali, mungkin tidak ya misal TVS bekerja sama dengan Suzuki untuk memasarkan TVS Apache RTR 160? Bayangkan saja misalnya saya sudah memiliki motor itu kemudian di Semarang yang merupakan ibu kota saya tidak ada dealer resminya? Masak iya saya harus ke Jogja untuk servis.. Ha ha ha…. 😀apache160

About mas huda

Blogger Otomotif Lereng Muria

Posted on 29/12/2013, in Bajaj and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 19 Komentar.

  1. ini motor mesinnya bagaimana?

  2. Apalagi kalo TVS kerja sama Indomaret / Alfamaret.
    wha ha ha . .

  3. itu KBP 200 NS kawasaki atau bajaj sich..? 😉 itu pertanyaan umum orang awam,kang.. ya,to..?

    http://bakulkangkungjpr1.com/2013/12/29/tips-mengusir-perampok-dengan-ber-telanjang-bulat-mosssooook/

  4. kerja sama honda yamaha gimana yah hahahaha

  1. Ping-balik: Spyshot Pulsar 200SS Muncul di Indonesia | Suka Roda Dua

corat-coret yuk....