Mengenal Lebih Dekat TVS Apache RTR 160
TVS Apache RTR 160 mendapatkan penghargaan sebagai The Best Sport Touring 121-160 CC IMOTY Award pada tahun 2012. Demikian yang bisa saya ambil dari poting blog Iwanbanaran, 21 Nopember 2012. Sudah setahun lebih sih, tapi tidak masalah karena ini hanya saya gunakan sebagai pengobat kegalauan saja setelah pengumuman dari TVS ternyata belum ada kabar lagi itu hadiah mau dikirim atau gimana prosedur selanjutnya. Sambil menunggu saya gunakan saja media internet untuk mengenal lebih dekat motor ini, walaupun selama kompetisi kemaren juga sudah banyak mengenalnya. Beberapa hal yang patut dipertimbangkan dari TVS Apache RTR 160 adalah sebagai berikut
1. Beast-Inspired Headlamp
Lampu pilot LED yang menyerupai sepasang mata buas yang menatap tajam, dilengkapi dengan Automatic Headlamp On (AHO). Ini yang menurut saya menjadikan kegantengan TVS menjadi semakin menarik. Sayangnya peletakan Headlamp ini menurut saya kurang kebawah sedikit dan perlu dirampingkan, kayak punya Byson.
2. Sculpted Digital Display
Speedometer TVS Apache RTR 160 ini memiliki desain yang agresif. Digital displaynya berwarna nocturnal blue, ini mengingatkan saya pada salah satu postingan anggota grup di FB Pulsar 200NS Indonesia katanya warna display biru mencolok banget dilihatn orang. Wah jadi bahan perhatian deh.. Selain itu Speedometernya juga berteknologi countdown on ignition. Apaan tuh ya? Yang paling saya tahu sih speedometernya bisa merekam top speed yang dihasilkan, jadi tidak perlu dipotret pake hape. Selain itu tampilannya juga bergaya racing dilengkapi dengan carbon fiber. Apalagi kalau lihat lambangnya… beuh, nyemplaknya pengen ngebut gitu ya… Kencangnya Mendebarkan…..
3. 160cc RTR Engine
Mesin TVS Apache RTR 160 ini mampu menghasilkan 15, 2 HP, klaim dari pabrikan TVS ini mampu melaju menuju kecepatan 60 km/jam hanya dalam waktu 4,8 detik saja. Hal tersebut dikarenakan TVS Apache RTR memiliki bobot yang terbaik dikelasnya. kalo salah dibenerin yak… he he
4. Muscled Tank
Biasanya kalau saya naik motor karisma kan biasa saja, saya membayangkan nanti pas mencoba TVS Apache ini melihat tangki yang kekar, gede, kemudian melihat ada kesan carbon fibernya, wah… makin ganteng daah… gaya mas Ipan tuh wkwkwk
5. Roto Petal Disc
Cakram depan dari TVS Apache ini memiliki diameter 270 mm yang memiliki daya sengkeram terbaik dikelasnya dan lebih cepat melepas panas. Insya Allah amaan….
6. Muscled Engine Cowl
Kalau pabrikan lain, pelindung mesin aka engine cover dijual terpisah, ini yang saya suka dari TVS. Dari pabriknya sudah langsung dipasang. Mantep kan…. Desainnya juga ramping dan aerodinamis.
7. Suspensi Nitro GAS
Shock breaker belakangnya dilengkapi dengan Nitro GAS, saya sendiri kurang paham dengan yang ini. Tapi pernah lihat ada di Tiger… pokoknya ajib aja deh fiturnya. jiah g jelas gini, maklumin aja ya…
8. Konstruksi Frame
Menurut mas Iwanbanaran, frame aka ranka dari TVS Apache ini tergolong unik. Biasanya kan kalau motor sport cuma satu tuh besinya, nah di TVS ini ada dua kanan kiri, wah kalo dibuat trus frame kayak punya CB150R mungkin bisa ya dimodif pake pipa.. wkwkwk.. Bikin stabil di kecepatan tinggi, engga ngleyang..
Aje gileee… fitur yang ditawarkan banyak banget kan dengan harga hanya Rp. 16,1 jutaan. Saya jadi sempat mikir ne nanti kalau sudah datang apa bisa ya misal motor ini dibandingkan dengan Honda Verza 150? Kan harganya setara… #eaa
Oh ya, pernah kepikiran juga sih katanya kan TVS kerja sama dengan BMW, itu bikin penasaran banget bagaimana perkembangannya. Hhmm,,, katanya TVS dulu juga kerja sama dengan Suzuki, kenapa sekarang engga kerja sama lagi aja seperti Pulsar dan Kawasaki pada produk P200NSnya. Kan lumayan tuh untuk mengisi kekosongan motor sportnya suzuki dikelas 150cc. Namanya Suzuki TVS Apache RTR 160 ha ha 😀 ngawur yang ini. Kan 2014 TVS mau ngembangin jaringan, kan mudah tuh Suzuki udah menyebar dimana-mana. ha ha 😀
Apa sih yang saya kurang suka dengan TVS Apache? kira-kira ada g ya?…. hhmm… lampu belakang aka stoplampnya desainnya kurang tajam…. ya ya ya, saya suka yang tajam-tajam pada motor sport. ngomong sakarepe dewe iki….
sumber :
tvsmotor.co.id
iwanbanaran.com
Posted on 28/12/2013, in TVS and tagged apache, honda verza, motor, motorsport, roda dua, tvs, tvs apache, verza 150. Bookmark the permalink. 9 Komentar.
tinggal nunggu test ride nya langsung..review’nya sudah lengkapp..he,
bener banget… udah g sabar… ha ha 😀
bener banget, headlamp apache itu keren, sayang terlalu besar dan berat. posisinya juga terlalu tinggi.
sangarrr
http://belalangmerah.wordpress.com/2013/12/28/analisa-ngawur-perang-motor-250-cc-pada-tahun-2014-mendatang/
Nah, ini nih bisa dijadiin calon motor klasik mas, headlamp diganti yang model bulet (tiger), stang dikasih raiser + dibikin baplang (Byson) wes jian ganteng tenan
http://tegean.wordpress.com/2013/12/27/teknik-cepat-menikung-di-ajang-balap-dunia/
Kasih tempat minuman… wah, kemaren mau beli tempat minuman tapi di karisma ku mau tak pasang dimana…
bentar ya mas.. tak liat karisma punya tetangga sebelah, 😉
………………………………………………………..
tara..bisa, dibaut tengah.. deket lubang kunci.. 😉
Hoo… oke2 besok eksekusi daah
Ping-balik: Kerjasama Kawasaki Bajaj adalah Keputusan Tepat | Suka Roda Dua