Tips Aman Mudik menjelang Lebaran

Tradisi mudik menjadi agenda rutim tahunan yang dilakukan umat Islam di Indonesia dalam menyambut hari kemenangan setelah Ramadhan. Tradisi pulang kampung ini juga merupakaan saat yang tepat untuk bertemu dengan keluarga yang lama ditimggalkan untuk melepas rindu. Sayangnya karena semakin banyaknya pemudik yang pulang kampung menggunakan kendaraan pribadi termasuk sepeda motor maka angka kecelakaan juga semakin meningkat tiap tahunnya. Maka dari itu tips menghindari kecelakaan saat mudik perlu kita perhatikan. Mari kita jaga keamanan ketika mudik, tips aman saat mudik berikut ini bisa dipraktekkan bagi pengguna sepeda motor.

image

1. Ikut mudik gratis yang diselenggarakan oleh lembaga
Mudik gratis dari lembaga swasta atau negri bisa menjadi alternatif. Karena sepeda motor kita diangkut menggunakan truk dan kita naik bus. Juga tidak terlalu capek.
2. Periksa Kondisi Badan
Perjalanan mudik yang menempuh jarak jauh membutuhkan kondisi fisik yang sehat. Jika memang kondisi badan tidak mendukung maka hindari mudik menggunakan sepeda motor sendiri.
3. Cek Kendaraan
Jika terpaksa harus menggunakan sepeda motor sendiri maka kondisi motor harus dipastikan prima. Cek semua kondisi kendaraan seperti rem, oli mesin, ban, dll.
4. Gunakan Helm Standart Nasional Indonesia (SNI)
Menggunakan helm SNI dan pakaian yang dapat melindungi tubuh agar jika terjadi hal yang tidak di ingininkan dapat mengurangi resiko yang terjadi.
5. Siapkan surat-surat kendaraan, SIM, dan kartu identitas anda.
6. Jangan membawa muatan yang melebihi kapasitas
Hindari membawa muatan yang melebihi, oleh-oleh bisa dibeli di kota masing-masing. Ini sih bukan oleh-oleh ya namanya.
7. Safety Riding
Selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada. Ingat baik-baik bahwasanya keluarga anda menanti di rumah, jadi tidak perlu ngebut atau ugal-ugalan yang penting adalah keselamatan anda.
8. Istirahat
Jika keadaan mengharuskan kita harus istirahat seperti ngantuk dll, maka hukumnya wajib untuk mengistirahatkan badan. Cari lokasi yang memungkinkan kita bisa istirahat seperti pos mudik dll.

image

Demikian tips menghindari kecelakaan saat mudik. Semoga mudik tahun 2014 ini aman dan lancar.

Iklan

About mas huda

Saya sedang belajar fotografi dengan pinjam-pinjam kamera, cita-citanya sih pengen jadi fotografer profesional... aamiin

Posted on 10/07/2014, in kecelakaan and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

corat-coret yuk....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: